• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Surya

Jl Merdeka Jombang, Diganti Jl Gus Dur

Senin, 17 September 2012 12:22 WIB
Jl Merdeka Jombang, Diganti Jl Gus Dur
SURYA/ SUTONO
GANTI NAMA- Jalan Merdeka yang sebentar lagi akan berganti nama menjadi Jalan Gus Dur.(sutono)
SURYA Online, JOMBANG–Tujuh jalan di Kabupaten Jombang, utamanya wilayah Jombang Kota, bakal diganti namanya dalam waktu dekat ini. Termasuk Jalan Merdeka yang akan diganti  menjadi Jalan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

”Saat ini tim masih bekerja untuk mengkaji pergantian nama itu sebelum nanti diputuskan melalui SK (surat keputusan) bupati,” kata Kabag Hukum Pemkab Jombang, Gatut Wijaya, Senin (17/9/2012).

Di antara tujuh jalan yang sedang dikaji, dan dinilai sangat penting adalah Jalan Merdeka  yang akan diganti menjadi Jalan KH Abdurrahman Wahid. ”Masyarakat di sepanjang jalan itu, lebih-lebih kalangan Tionghoa dan kalangan gereja sangat setuju pergantian nama Jalan Merdeka menjadi Jalan Gus Dur,” terangnya.

Lebih-lebih, baik Jalan Merdeka maupun jalan Gus Dur memiliki spirit yang sama. ”Merdeka berarti bebas. Gus Dur itu juga tokoh yang getol memperjuangkan kebebasan dan pluralisme dalam segala aspek kehidupan,” sambungnya.
    
Namun untuk kepastian nama Gus Dur itu, pihaknya masih akan konsultasi dengan pihak keluarga dulu. ”Termasuk nantinya menggunakan nama resmi jalan Presiden KH Abdurahman Wahid atau cukup jalan Gus Dur,” cetus Gatut.
    
Kabag Kesejahteraan Sosial M Agus Usman Panuwun mengungkapkan, pencanangan penggantian nama direncanakan dilakukan bersamaan peringatan seribu hari meninggalnya Gus Dur. anya saja, waktunya tidak sama berbarengan dengan peringatan oleh keluarga. Pihak keluarga dan Ponpes Tebuireng bakal memperingati seribu hari meninggalnya Gus Dur pada 27 September nanti.

”Sedangkan untuk kami belum bisa dilakukan pada 27 September karena masih menunggu kajian bagian hukum serta SK bupati. Paling cepat Oktober,” terang Agus Panuwun.

Selain nama Jalan Merdeka, enam nama jalan lain yang sedang dikaji untuk diubah. Yakni Jalan Bupati Raden Adipati Arya Soeradiningrat menggantikan Jalan Diponegoro. RAA Soeradiningrat adalah bupati pertama Jombang. Kemudian Jalan Bupati Ismail (bupati Jombang ke-10/1966-1973) menggantikan sebagian jalan Basuki Rahmat, mulai perempatan rel KA ke pertigaan sebelah barat alun-alun kota.

Lalu jalan Profesor Doktor Nurcholish Madjid menggantikan naman Jalan Yos Sudarso, mulai perempatan Tunggorono ke selatan. Selain itu, juga pengukuhan Jalan KH Wahab Chasbullah mulai perempatan Sambong hingga Mojokrapak Tembelang.

Lalu Jalan KH Bisri Syansuri menggantikan Jalan Imam Bonjol mulai Denanyar ke barat hingga Desa Banjardowo. Serta jalan KH Tamim Irsyad mulai perempatan lampu merah Peterongan ke selatan.
Penulis: Sutono
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas