Minggu, 23 November 2014
Surya

Guru Halal Bihalal, Sekolah se-Kecamatan Diliburkan

Rabu, 12 September 2012 19:06 WIB

SURYA Online, PONOROGO - Acara halal bihalal yang dilaksanakan ratusan guru di wilayah UPTD Bungkal, Kabupaten Ponorogo menjadi gunjingan para walimurid ribuan siswa SD hingga SMP. Ini menyusul, para siswa diliburkan karena  para guru ingin menghadiri halal bihalal yang digelar di SMP Negeri 2 Bungkal, Rabu (12/9) pagi.

"Masih ada hari lain yang tidak mengganggu belajar siswa. Tetapi kenapa halal bihalal dilaksanakan dengan konsekuensi menelantarkan ribuan siswa SD dan SMP Negeri se-Kecamatan Bungkal," terangnya kepada Surya, Rabu (12/9/2012).

Salah seorang guru SDN di wilayah Kecamatan Bungkal yang enggan disebut namanya mengaku tidak tahu menahu penyebab halal bihalal dilaksanakan saat hari efektif. Selain itu, dia mengaku enggan untuk tidak hadir karena sudah membyar iuran acara halal bihalal Rp 20.000. " Semua ini perintah atasan.Kalau saya tidak ikut rugi karena sudah membayar," katanya.

Kepala PGRI Kecamatan Bumgkal, Imam Sujadi menjelaskan pelaksanaan halal bihalal tidak meliburkan siswa. Namun, siswa dipulangkan pagi karena para guru akan menghadiri acara Halal Bihalal. "Tidak ada yang diliburkan. Hanya saja menjelang pelaksaaan Halal Bihalal anak - anak dipulangkan," bantahnya.

"Kenapa dilakukan pada hari efektif karena terkait tingkat kehadiran guru. Ini sudah mendapat persetujuan guru, UPTD dan kesepakatan semua pengurus, termasuk panitia. Untuk pelaksaan ini, sekitar 2.500 siswa dipulangkan pagi," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Supeno mengaku tidak tahu acara tersebut. Menurutnya, acara halal bihalal dimungkinkan sudah diperhitungkan. "Ini masih prediksi saya, mungkin sekolah dan guru sudah sepakat dan setuju dengan konsekuensi, hari yang digunakan acara akan diganti hari lain dengan penambahan jam. Karena mengajar itu ada targetnya dan harus terpenuhi," tandasnya.
Penulis: Sudarmawan
Editor: Suyanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas