Kamis, 18 Desember 2014
Surya

Sungai Pembuangan Dipakai Buang Limbah

Selasa, 4 September 2012 19:02 WIB

SURYA Online, SIDOARJO - Air produksi PDAM yang dihasilkan dari Instalasi Penjernihan Air (IPA) Kedunguling, Kecamatan Candi hasilnya kekuning-kuningan akibat limbah menyerupai bau tebu terus mengalir dan sulit diputihkan dengan kaporit.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi air di Sungai Kedunguling warnanya tidak jernih dan disertai bau yang menyengat akibat limbah yang dibuang langsung ke sungai. Kondisi air sekarang ini, masih mending dibanding pada pertengahan puasa beberapa waktu lalu. Warna airnya terlihat kuning pekat disertai bau kurang sedap.

Mencium bau seperti itu, sudah menjadi kebiasaan warga yang tinggal di sekitar Sungai Kedunguling. “Kondisi baru agak mereda setelah Lebaran, sekarang masih bau tapi tidak seperti waktu puasa,” kata Abdul Rouf yang kerap melintas di daerah Kedunguling.

Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Iwan Prasetyo mengakui kerap mendapat komplain karena air yang diterima pelanggan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Akibat komplain itu,  PDAM harus membuang seluruh air yang ada di tandon dan di pipa. “Memang, baku mutu air yang dikelola di Sungai Kedunguling kandungan organiknya tinggi akibat limbah perusahaan,” tutur  Iwan, Selasa (4/9/2012).

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo, Erny Setyawati didampingi Kepala Bidang Pengawasan Lingkungan dan Pengolahan Limbah, Ali Mahmudi, menjelaskan pihaknya masih mengumpulkan data-data perusahaan yang ada di dekat sungai. “Saya akan cek lagi dan mengambil sampel air untuk diuji, seberapa parahkan limbah yang dibuang,” tandasnya. mif
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Adi Agus Santoso

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas