• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Surya

Panen Raya, Harga Kacang Hijau Anjlok

Selasa, 4 September 2012 15:13 WIB
Panen Raya, Harga Kacang Hijau Anjlok
Foto : Surya/Sudarmawan
PANEN RAYA - Puluhan petani kacang hijau asal Desa Dimong, Kecamatan/Kabupaten Madiun mulai memanen tanamannya saat harga menurun, Selasa (4/9/2012).
SURYA Online, MADIUN - Ratusan petani yang menanam kacang hijau di musim kemarau merugi. Ini menyusul turunnya harga tanaman palawija itu, saat memasuki musim panen raya.

Salah satunya dialami petani Desa Dimong dan Desa Babandan Lor, Kecamatan/Kabupaten Madiun. Kendati mereka menerapkan pola yang tepat di musim kemarau, akan tetapi harga kacang hijau di pasaran tidak sesui harapan petani.

Purnomo (49) asal Desa Dimong, Kecamatan Madiun mengaku  saat panen raya kedelai seperti ini harganya tidak menentu. Bahkan cenderung turun drastis. Jika saat musim panen tahun lalu harganya masih Rp 8.100 per kilogram, kini hanya Rp 7.600 per kilogram.

"Hampir setiap panen menurun harganya. Karena tidak ada penetapan harga dari pemerintah," terangnya kepada Surya, Selasa (4/9).

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Pemkab Madiun, Mochammad Najid menegaskan jika jumlah target produksi tanaman dan panen tanaman palawija naik. Oleh karenanya lahan tanaman palawija juga mengalami kenaikan. Yakni dari 5.900 hektar luas lahannya menjadi 7.125 hektar. Terbagi atas tanaman jagung, kedelai hitam, kedelai putih, kacang hijau dan tanaman palawija lainnya.

"Karena Tahun 2011 lalu target panen naik 10 persen terpenuhi, di tahun 2012 kami yakin target panen tanaman diluar padi juga bakal mengalami kenaikan. Produksi tanaman kedelai yang paling naik karena imbas kenaikan harga kedelai kemarin semakin banyak petani yang berani menanam kedelai saat ini," tandasnya sambil menyebutkan harga tanaman palawija bukan kewenangannya.
Penulis: Sudarmawan
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas