Sabtu, 20 Desember 2014
Surya

Waduk Pacal Mulai Mengering

Sabtu, 1 September 2012 11:58 WIB

SURYA Online, BOJONEGORO - Kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan di sejumlah wilayah bupetan Bojonegoro.

Bahkan, waduk Pacal yang merupakan sumber utama pengairan sekitar 4.000 hektar area pertanian di sekitarnya juga mulai mengering. Padahal, air dari waduk di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro ini merupakan sumber pengairan utama, terutama saat kemarau.

Saat ini, volume air di waduk tersebut diperkirakan tinggal pada kisaran 500 meter kubik. Sampai-sampai, dari atas saja dasar waduk mulai terlihat menyusul terus menyusutnya air.

"Air di waduk paling tinggal sekitar 30 persen saja. Dan jelas, hal itu membuat suplai air ke pertanian warga sangat berkurang," kata Kisno, petani Kecamatan Sukosewu yang sudah tak bisa lagi mengaliri area pertaniannya dengan air dari waduk.

Disampaikan, air sudah menyusut sejak tiga bulan belakangan. Dua pintu utama waduk untuk mengalirkan air ke ribuan hektar area pertanian juga telah mengering.

"Kami hanya bisa berharap segera turun hujan. Atau, ada upaya dari pemerintah untuk membantu pengairan sawah saat kemarau panjang seperti ini," sambungnya.
Penulis: M Taufik
Editor: Suyanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas