Teknologi KRI Klewang Baru di Asia

Peresmian Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran / KRI Klewang 625 Jumat (31/9/2012)

SURYA Online, SURABAYA - Peresmian Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran / KRI Klewang 625 Jumat (31/9/2012) dinilai pakar perkapalan Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) Prof Dr Daniel Rosyid sebagai sebuah terobosan baru di bidang perkapalan.

Terutama lambung kapal KRI Klewang yang dibuat sangat dangkal sehingga memungkinkan melaju dengan kecepatan tinggi dan dapat beroperasi di laut yang sangat curam dan pendek.

Dan ini sangat cocok untuk memperkuat wilayah perairan Indonesia. "Kalau teknologi lain seperti sistem rudal, atau anti radar sudah banyak dipakai, tapi teknologi trimaran yang berlambung ini relatif baru di Asia, dan cocok untuk keperluan kapal perang "tegas mantan Ketua Dewan Pendidikan Jatim Sabtu (1/9/2012).

Daniel optimis KRI Klewang ini mampu memperkuat sistem pertahanan Indonesia. "Di Banyuwangi ada galangan kapal sebesar itu sangat baik. Dan itu bukan hanya keuntungan Jatim tapi secara nasional,"katanya.

Terkait keberadaan PT Lundin Industry Invest di Indonesia menurut Daniel sangat baik untuk transfer teknologi bagi ahli-ahli perkapalan Indonesia. Perusahaan asal Swedia ini dinilai memiliki track record yang sangat bagus. "Saya berharap ini akan menggiatkan inovasi perkapalan Indonesia,"pungkasnya.

Penulis: Musahadah
Editor: Heru Pramono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved