A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Lahan Tol Solo - Kertosono Disiapkan Rp 60 M - Surya
Rabu, 26 November 2014
Surya

Lahan Tol Solo - Kertosono Disiapkan Rp 60 M

Jumat, 31 Agustus 2012 17:03 WIB

SURYA Online, MADIUN - Pemerintah pusat menyediakan anggaran awal senilai Rp 60 miliar untuk pembebasan tanah pembangunan Jalan Tol Solo - Kertosono, khusus di wilayah Kabupaten Madiun. Rencananya, uang senilai puluhan miliar ini untuk membebaskan lahan luas 2.561.354 meter persegi atau sepanjang 36,925 kilometer.

Sedangkan jumlah desa yang terkena dampak sebanyak 26 desa yang terbagi di 5 wilayah kecamatan yakni Kecamatan Jiwan, Sawahan, Balerejo, Mejayan, Wonoasri dan Saradan. Sementara yang bakal dibebaskan ini terdapat sebanyak 1.786 bidang tanah.

Plt Asisten Pemerintahan Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono mengatakan jika pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran pembebasan lahan sebesar Rp 60 miliar bagi masyarakat Kabupaten Madiun yang tanahnya terkena dampak pembangunan tol. Meski demikian, belum ada kesepakatan dengan warga nilai harga jual tanah yang bakal dibebaskan.

"Sekarang belum ada kesepakatan harga tanah antara warga dengan Panitia Pembebasan Lahan( P2L). Kami belum tahu uang Rp 60 miliar tersebut bisa digunakan untuk membebaskan berapa banyak tanah warga," terangnya.

Selain itu kata Anang, dana sebesar Rp 60 miliar tersebut merupakan jatah awal yang telah ditetapkan P2T untuk  pembebasan dibeberapa bagian lahan milik warga di Kabupaten Madiun yang terdampak dari proyek nasional tersebut.
"Targetnya memang untuk dua kecamatan dari enam wilayah kecamatan yang terdampak. Tapi kalau dana tersebut masih sisa bisa dipakai untuk pembebsan daerah lain. Tetapi kalau kurang ya nanti minta lagi," imbuhnya.
Pihaknya mengakui jika perkembangan pelaksanaan pembangunan jalan tol Solo-Kertosono ruas Mantingan-Kertosono di Kabupaten Madiun berjalan lebih lambat dibandingkan daerah lain.

Hal ini karena terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala, diantaranya banyaknya tahapan yang belum dilalui seperti penyiapan surat keputusan satgas dan surat keputusan penentuan harga tanah yang dikelola beberapa satuan kerja.
Penulis: Sudarmawan
Editor: Suyanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas