• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Surya

AS Peringatkan Suriah Soal Senjata Kimia

Selasa, 21 Agustus 2012 09:13 WIB
AS Peringatkan Suriah Soal Senjata Kimia
foto:Afp
Barack Obama mengingatkan Suriah untuk tidak menggunakan senjata kimia.
SURYA Online, WASHINGTON - Presiden AS, Barack Obama mengatakan penggunaan senjata kimia oleh Suriah akan membuat negaranya berpikir untuk melakukan intervensi terhadap penyelesaian konflik di negara pimpinan Bashar al-Assad itu.

Obama juga mengatakan pada titik ini dia belum memerintahkan keterlibatan militer Amerika di Suriah.

Namun dia menambahkan akan ada konsekuensi besar jika pemerintahannya melihat gelagat penggunaan senjata kimia dalam konflik yang terjadi di negara itu.

Presiden Obama yang berbicara di Gedung Putih kepada sejumlah wartawan mengatakan penggunaan senjata kimia akan mengakibatkan konflik di Suriah meluas ke kawasan sekitarnya.

"Konflik itu nantinya tidak hanya akan melibatkan Suriah. Konflik itu akan menjadi perhatian dari negara sekutu kami di kawasan itu termasuk Israel dan itu juga nantinya akan menjadi perhatian kami," kata Obama.

"Ada semacam garis merah bagi kami jika kami melihat senjata kimia sudah disiapkan atau sedang digunakan maka itu semua akan mengubah perhitungan saya."
Janji Suriah

Suriah sendiri saat ini tercatat sebagai negara keempat terbesar di dunia yang memiliki persediaan senjata kimia.

Bulan lalu lewat juru bicara kementerian luar negerinya, negara itu mengatakan senjata kimia tidak akan digunakan di dalam negeri.  

Namun Wartawan BBC di Washington, Kim Ghatas mengatakan AS telah menerima semacam laporan yang menyebutkan bahwa pemerintah Suriah telah memindahkan sejumlah persediaan senjata kimianya.

Konflik di Suriah sendiri saat ini masih terus berlangsung, laporan terakhir yang dikeluarkan oleh aktivis oposisi yang berpusat di London, Lembaga Pemantau HAM Suriah mengatakan dalam pertempuran di kota Deraa tercatat ada 15 orang yang tewas termasuk diantarannya dua orang anak-anak.

Sementara serangan yang dilancarkan oleh pesawat tempur dan kendaraan lapis baja Suriah di kota Aleppo kemarin telah mengakibatkan 14 orang tewas.

PBB mengatakan konflik di Suriah telah menyebabkan 18.000 ribu orang tewas sementara 170.000 orang pergi mengungsi meninggalkan negara itu dan 2,5 juta orang lainnya dilaporkan membutuhkan bantuan kemanusiaan. (bbc Indonesia)
Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
254193 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas