• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Surya

Sidobangun Akan Dilelang, Buruh Antusias

Kamis, 9 Agustus 2012 16:46 WIB
SURYA Online, MALANG-Kedatangan pejabat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang dan kurator untuk melihat pabrik plastik PT Sidobangun yang berada di Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (9/8/2012) disambut antusias mantan pekerja  pabrik tersebut. Sekitar 600 mantan pekerja Sidobangun menyambut kedatangan pejabat KPKNL dengan melakukan istigosah.

Kusmantoro Widodo, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Malang yang mendampingi mantan pekerja Sidobangun menyatakan, para pekerja senang dengan kedatangan pejabat KPKNL karena hal itu mengisyaratkan ada kepastian lelang yang berarti ada kepastian pembayaran hak pekerja.

Menurut Widodo ada sebanyak 1500 orang mantan pekerja yang memberikan kuasanya ke SPSI. “Hak pekerja dikuasakan ke SPSI sebesar Rp 37 miliar yaitu untuk upah, THR dan pesangon yang belum terbayarkan.

Salah satu mantan pegawai yang senang dengan rencana lelang adalah Eko Wahyu. Mantan teknisi pabrik PT Sidobangun ini berharap hasil lelang bisa dibagikan ke mantan pekerja yang haknya belum diberikan. "Menurut perhitungan, saya harusnya mendapat Rp 21 juta dari hasil pembayaran THR, gaji yang terhutang dan pesangon," kata Eko yang bekerja di PT Sidobangun sejak 1996 hingga 2010.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PT Sidobangun dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga pada Desember 2011 lalu dan seluruh aset Sidobangun akan dilelang dan hasil penjualan digunakan untuk membayar utang perusahaan itu, terutama untuk pembayaran gaji pegawai.

“Kalau sesuai dengan pengumuman lelang di Harian Surya, lelang nanti akan diadakan pada 14 Agustus mendatang di kantor KPKNL Jl S Supriadi, Kota Malang,” papar Agung, staf kurator ditemui usai menerima pejabat KPKNL Malang.

Sesuai isi iklan di surat kabar, harga penawaran awal lelang sebesar Rp 214 miliar dengan uang jaminan Rp 200 miliar.
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas