A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Mobil Internet untuk Penetrasi Internet Daerah Terpencil - Surya
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Surya

Mobil Internet untuk Penetrasi Internet Daerah Terpencil

Selasa, 24 Juli 2012 16:03 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Gadget pengakses internet rupanya hanya booming di kota besar, sedang di kota-kota terpencil  masih banyak yang belum bisa mengakses internet.

Ini dikatakan Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Bidang Teknologi Kalamullah Ramli bahwa saat ini penetrasi internet di Indonesia baru 20 persen jika dibandingkan total jumlah penduduk.

"Penyebarannya juga tidak merata, konsentrasi penduduk melek internet banyak di Pulau Jawa. Kalau Jatim sudah well educated," ujarnya di sela pemberangkatan 40 unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) di Pangkalan TNI AL Maritim Surabaya ke Gorontalo, Selasa (24/7/2012).

Didistribusikannya MPLIK ini, diharapkan penduduk yang melek internet bisa meningkat menjadi 30 persen dalam 2-3 tahun ke depan. Setiap satu unit MPLIK dilengkapi 5 unit PC dan alptop yang terkoneksi melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal) yakni stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Piringan VSAT menghadap ke sebuah satelit geostasioner yang merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya.

"Kalau di daerah yang sudah ada jaringan Speedy maka pakai Speedy," imbuhya. Masyarakat bisa menikmati layanan internet gratis di MPLIK dengan speed 265 Kbps tersebut selama 4 tahun, selebihnya akan dikenai biaya.

Program ini merupakan bagian program Kementererian Komunikasindan Informasi bahwa pada 2015 seluruh desa di Indonesia harus sudah terhubung oleh jaringan internet. Tiap unit MPLIK mengcover 3 kecamatan terpencil.
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas