Senin, 2 Maret 2015

Pendaftaran SDN Surabaya Diperpanjang

Sabtu, 7 Juli 2012 12:20 WIB

Dindik akhirnya membolehkan calon siswa yang saat ini sedang mengurus administrasi kependudukan. Mereka adalah calon siswa yang selama ini tinggal bersama keluarganya di Surabaya tapi belum memiliki kartu keluarga (KK) Surabaya.

"Bagi yang sedang berproses administrasi ini diberi kesempatan menjadi siswa baru di SD Negeri. Kami tunggu sampai proses administrasi tuntas," jelas Kepala Dindik Surabaya Ikhsan, Jumat (6/7/2012).

Ikhsan menandaskan, menyerahkan mekanisme administrasi kependudukan itu pada lembaga terkait. Untuk itu, Dinas Pendidikan belum memutuskan batas waktu perpanjangan pendaftaran untuk SD seluruh Surabaya.

"Silakan warga mengurus, sekolah akan memahami," kata Ikhsan kembali.

Diberitakan sebelumnya, seluruh SD Negeri di Surabaya kurang murid baru hingga mencapai 10.837 anak. Mereka tersebar di seluruh wilayah, terutama di daerah pinggiran. Ini merupakan dampak kebijakan Dindik Surabaya yang menyaring calon siswa dari luar Surabaya dengan KK. Jika tidak memiliki KK Surabaya dikenakan pagu 1 persen.

Akibatnya, warga yang tak bisa menunjukkan KK Surabaya takut mendaftar. Padahal, para pendatang ini sudah puluhan tahun tinggal di Surabaya tapi belum memiliki KK. Akibatnya, mereka ditolak mendaftar di sekolah.

Sejumlah SD pun pusing karena banyak kekurangan murid. Hal ini diakui Ikhsan. Sampai saat ini, Dinas Pendidikan mencatat ada 9.000-an lebih jumlah pagu SD yang tak terpenuhi.

Halaman123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Rudy Hartono
Sumber: Surya Cetak
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas