• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Surya

SD Kertajaya Disesaki Mobil dari Luar Kecamatan

Selasa, 3 Juli 2012 18:39 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Akses jalan utama menuju SD Kertajaya tersendat dan macet sekitar satu jam lebih, Selasa (3/7/2012). Kondisi ini terjadi saat banyak orangtua melakukan daftar ulang bagi calon siswa baru yang diterima di sekolah ini.

Sekolah yang difavoritkan warga Surabaya ini memang selalu menjadi incaran warga Surabaya. Seperti saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tadi. Mereka terutama dari kalangan menengah atas.

Meski sekolah ini berada di wilayah Kecamatan Gubeng, namun siswa yang menyerbu dan diterima di sekolah ini mayoritas tidak tinggal di Kertajaya atau wilayah Gubeng. Banyak warga dari kecamatan lain dari kalangan menengah ke atas yang mendaftarkan sekolah di SD ini.

"Yang sekolah di sini memang banyak dari kalangan menengah ke atas. Hampir semua kalau mengantar anaknya pakai mobil. Yang naik motor sedikit. Rata-rata ya banyak yang jauh," kata pemilik warung di dekat SDN Kertajaya.

Sama dengan SD-SD lain yang difavoritkan masyarakat, sekolah yang berlokasi di Jl Pucang ini kebanyakan dipadati siswa dari luar Kecamatan Gubeng. Kepala SDN Kertajaya Budi Darsono mengakui bahwa hal itu sudah berlangsung bertahun-tahun.

Dalam catatan sekolah ini, jumlah peminat yang ingin masuk SDN Kertajaya tahun ini jauh melebihi pagu. Daya tampung yang sudah ditetapkan untuk SDN ini sebanyak 160. Namun peminat hampir dua kali lipatnya. Tercatat ada 249 calon siswa yang mendaftar.

Data yang disampaikan panitia PPDB kepada Surya, dari 249 pendaftar  disaring sesuai pagu 160. Namun dari pagu ini sebanyak 76 di antaranya adalah warga luar Gubeng.

Yakni, mereka berasal dari Tambaksari, Wonokromo, Mulyorejo, Sukolilo, Rungkut, dan kecamatan lain. "Saya senang bisa diterima. Ini sekolah yang baik menurut saya," kata Fitria, warga Semolowaru, yang mengajak anaknya daftar ulang.
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Rudy Hartono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas