Sabtu, 20 Desember 2014
Surya

10 Cara Jaga Kondisi Kulit untuk Usia 30-an

Jumat, 29 Juni 2012 17:50 WIB

10 Cara Jaga Kondisi Kulit untuk Usia 30-an
tpgimages
SURYA Online, SURABAYA - Usia bertambah, kondisi kulit juga berubah. Jika pada usia 20-an kulit elastis dan kencang, pada usia 30 tahun ke atas biasanya kulit sudah mulai muncul kerutan, kusam, dan kendur. Rawat kulit dengan cara yang tepat.

1. Cuci Wajah Teratur
Cuci wajah minimal dua kali sehari (tetapi tidak lebih dari tiga kali) dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan mencuci muka dengan air hangat atau terlalu dingin, karena keduanya dapat menyebabkan kapiler rusak.

2. Eksfoliasi Teratur
Pengelupasan membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran di wajah. Pada usia 30 tahun ke atas, setidaknya melakukan eksfoliasi seminggu sekali.

3. Lembapkan
Tidak peduli apa pun jenisnya, kulit harus lembap. Setelah mandi, segera oleskan pelembap. Anda yang bekerja di ruangan ber-AC atau setelah mencuci tangan dan kaki, sebaiknya juga mengoleskan pelembap lagi.

4. Jangan Lupa Tabir Surya
Tabir surya termasuk komponen yang paling penting dari perawatan kulit. Keriput, yang nomor satu tanda penuaan, dipicu oleh paparan sinar matahari. Bahkan ketika cuaca mendung dan berawan, tabir surya harus tetap digunakan.

5. Lindungi Bibir
Bibir pecah-pecah tidak dapat ditutupi dengan lipstik jenis apa pun. Yang harus dilakukan adalah merawatnya hingga pulih. Oleskan lip balm atau gel khusus untuk bibir agar tetap lembut.

6. Lindungi Sekitar Mata
Kulit di sekitar mata tipis dan cenderung kering. Jaga kelembapannya dengan lotion khusus untuk area seputar mata. Jangan mengucek mata karena akan membuat kulit di sekitar mata akan mudah keriput.

7. Cukup Tidur
Jika kurang tidur, kulit Anda akan terlihat pucat, kusam, lelah, dan kendur. Jika ingin kulit terjaga, disiplinkan diri untuk tidur malam setidaknya tujuh sampai delapan jam.

8. Minum Banyak Air
Air sangat penting untuk menjaga kesehatan dan proses metabolisme secara keseluruhan. Dianjurkan agar Anda minum setidaknya tujuh sampai delapan gelas sehari untuk menjaga kulit dari dehidrasi.

9. Diet Sehat
Diet memengaruhi kulit, terutama vitamin yang dikonsumsi. Anda harus makan makanan kaya vitamin seperti gandum, alpukat, buah-buahan, dan sayuran lainnya yang kaya vitamin A dan E dalam jumlah yang tepat. Jauhi makanan berminyak karena dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

10. Berolahraga Teratur
Berolahraga membuat Anda banyak berkeringat. Hal itu juga membantu Anda mengeluarkan sampah dan mengambil oksigen segar.
Penulis: Endah Imawati
Editor: Endah Imawati

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas