MCC Ubah Ajak Masyarakat Jadi Polisi

Makota Command Center (MCC) yang dilaunching di Mapolres Malang Kota, Selasa (19/6/2012)

SURYA Online, MALANG- Makota Command Center (MCC) yang dilaunching di Mapolres Malang Kota, Selasa (19/6/2012) diharapkan bisa menggerakkan semua masyarakat menjadi polisi, terutama bagi diri sendiri. Harapan itu disampaikan  Wakapolda Jatim, Brigjend Polisi Edi Sumardi disela seremonial launching.

Dalam sistem ini terangkum 13 program yang melibatkan masyarakat. Di antaranya Gangga Kamtibmas Map Info (GKTM), SIMCorner, SIM Komunitas, website Reskrim Polres Malang Kota, Makota Skate Patrol, Samsat Delivery, BPKB Delivery, dan beberapa program lainnya. "Dengan dilaunchingnya program ini, kita semua sudah menjadi polisi yang bisa melindungi diri sendiri," kata Edi.

Program ini juga menyediakan alat berupa panic alaram mobile yang bisa diakses masyarakat luas. Masyarakat yang membutuhkan bantuan keamanan atau menghadapi ancaman kejahatan bisa langsung memberitahukan polisi. "Program ini adalah rangkuman dari sistem-sistem yang masih berserakan," tambahnya.

Sementara itu Kapolres Malang Kota, AKBP Teddy Manahasa Putra menegaskan peranan masyarakat dalam menciptakan ketentraman di Kota Malang masih dibutuhkan. Menurutnya tanpa peranan masyarakat, polisi tidak akan bisa menanggulangi kejahatan. "Kalau program ini mendapat dukungan dari masyarakat, saya yakin kriminalitas pasti turun," kata Teddy.

Penulis: Zainuddin
Editor: Suyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help