• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Surya

Ratusan Hektar Padi Puso Dibakar

Minggu, 17 Juni 2012 17:10 WIB
Ratusan Hektar Padi Puso Dibakar
sudarmawan
Para petani membakari padi miliknya yang mengering akibat kekurangan air.
SURYA Online, PONOROGO - Puluhan petani Dusun Trenceng, Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, terpaksa mencabuti tanaman padi miliknya, Minggu (17/6/2012).

Puluhan hektare tanaman padi itu terserang puso karena kekurangan pasokan air irigasi sejak 2 pekan lalu. Hampir 2 pekan lahan pertanian padi ini, hanya sekali mendapatkan jatah pasokan air dari wilayah Kecamatan Pulung.

Akibatnya, tanaman padi yang belum siap panen itu dicabuti pemiliknya. Kemudian padi dikumpulkan dan dibakar petani sebagai bentuk kekecewaan terhadap kinerja berbagai dinas terkait di lingkungan Pemkab Ponorogo.

Ini merupakan pukulan kedua bagi mereka. Di musim tanam awal sebelumnya, para petani juga merugi karena lahan pertaniannya terserang hama potong leher.

Salah seorang petani, Samuri (50) mengaku jengkel karena lahan pertaniannya selalu mengalami gagal panen di dua musim tanam. Jika sebelumnya terserang hama potong leher kali ini, terserang puso karena tidak mendapatkan jatah pasokan air irigasi.

“Hampir setiap tahun seperti ini. Usulan kami terkait irigasi tak pernah digubris,”  terangnya kepada Surya, Minggu (17/6/2012).

Kasi Koordinator Hama dan Tanaman, Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo, Muhadi menegaskan di wilayah Jenangan Selatan dan wilayah Sampung bagian barat selalu menjadi langganan kekeringan setiap tahun. Terutama di musim tanam kedua karena kekurangan air.

"Untuk pengadaan sumur itu bukan kewenangan kami, jika memang sudah diusulkan harus jemput bola untuk realisasinya," tandasnya.

Penulis: Sudarmawan
Editor: tutug
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
244392 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas