Minggu, 21 Desember 2014
Surya

Kertas Leces Beroperasi Lagi

Senin, 4 Juni 2012 14:43 WIB

SURYA Online, PROBOLINGGO - Setelah sempat menghentikan produksinya hampir dua tahun, PT Kertas Leces (PT. KL) Kubupaten Probolinggo, hari ini Senin (4/6/2012) mulai beroperasi lagi. Hal ini diungkap direktur utama Budi Kusmarwoto.

Hanya saja  menurut direktur yang baru seminggu menjabat ini, salah satu dari dua boiler yang tersedia masih dalam performance tes atau uji kemampuan.

Dalam test tersebut diperlukan waktu enam sampai tujuh jam. Apabila tidak ada kendala dan boiler yang sudah dipanasi siap untuk menggerakkan turbin listrik atau generator. Listrik yang dihasilkan generator sebesar 30 mega watt itu akan menjalankan atau menghidupkan tiga mesin, diantaranya, mesin satu, tiga dan mesin  empat.

Sebelum PT KL  memulai produksinya seluruh karyawan berikut dewan direksi, yang juga dihadiri Muspika dan tokoh masyarakat dan ulama setempat menggelar istighosah. Para peserta dengan khusuknya mengikuti zikir yang dipimpin  KH. Taufik Sholeh pengasuh Pondok Pesantren Hasanah.

Pantauan Surya, tampak sejumlah kendaraan truk pengangkut bahan baku, masuk di perusahaan penghasil kertas
tersebut. Tampak juga di ruang kontrol di samping boiler sejumlah teknisi dalam dan luar negeri sibuk memantau jalannya mesin boiler melalui  layar monitor. Sedang sebagian karyawan lainnya sedang sibuk mengecek dan membenahi mesin boiler dan tampak sibuk di gudang penyimpanan bahan baku batubara.

Kepala bagian humas PT KL, Cilik Sukariadi menyebut pembangunan dua bolier itu menyedot dana sekitar Rp 175 milyar dan memakan waktu kurang lebih dua tahun .
Penulis: Agus Purwoko
Editor: Suyanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas