• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Surya

Larangan Siswa Surabaya Bawa HP Mulai Juli

Sabtu, 2 Juni 2012 16:34 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya dipastikan akan menerapkan aturan larangan membawa HP di lingkungan sekolah mulai tahun ajaran ini. Juli nanti, setiap siswa SD dan SMP negeri swasta di seluruh Surabaya dilarang membawa alat komunikasi ini.

Saat ditemui dalam pembukaan Pameran Pendidkan di Jatim Expo Sabtu (2/6/2012) siang tadi, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini minta segera aturan itu dijalankan. "Tahun ajarean baru nanti sudah harus berjalan," kata Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Alumnus ITS ini mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Surabaya. Risma juga minta Dinas Pendidikan berkoordinasi lebih jauh dengan seluruh sekolah menyangkut teknis implementasi di lapangan.

Yang jelas, harus ada fasilitas pengganti sebagai alat komunikasi. Utamanya, siswa memwrlukan HP untuk komunikasi dengan orang tuanya. Sekolah harus menggantinya dengan fasilitas telpon umum atau yang berfungsi sama tapi bukan HP milik siswa.

"Yang jelas siswa SD dan SMP sudah harus menjalankan aturan larangan HP itu tahun ajaran ini. Nanti akan ada edaran khusus untuk memperkuat larangan yang sebenarnya merupakan tindakan preventif agar siswa tak menjadi korban trafiking dan kriminal lainnya," kata Risma.

Selain itu, usia sekolah membawa HP masih belum terlalu urgen tongkat keguanannya. HP bagi mereka hanya sebagai penghubung antara siswa dan orangtua. "Larangan itu nantinya juga untuk siswa SMA. Tapi beetahap akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan," tambah Risma.

Larangan HP di sekolah dinilai akan membawa dampak positif. Komunikasi orangtua dan sekolah akan lebih intensif. Sebab, nantinya orangtua jika ingin komunikasi dengan siswa harus melalui sekolah. Biasanya ingin memastikan apakah jam di kelas sudah selesai apa belum.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan mengaku siap melanjutkan aturan larangan HP di sekolah ini. "Sebenarnya, larangan membawa HP di sekolah sudah berjalan. Memang baru sekitar 70 persen untuk SD dan SMP. Untuk SMA akan kita diskusikan dengan seluruh sekolah," kata Ikhsan.
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas