Minggu, 21 Desember 2014
Surya

Pedagang Tubuh Manusia Berhasil Ditangkap

Minggu, 27 Mei 2012 21:40 WIB

SURYA Online, KOSOVO - Moshe Harel, tersangka utama kasus perdagangan organ manusia di Kosovo, telah ditangkap di Israel. Hal itu diungkapkan oleh Jaksa Penuntut Uni Eropa, yang menangani kasus itu, Minggu (27/5/2012).

Seperti diberitakan BBC News, selama ini Harel menjadi buronan Kejaksaan Uni Eropa, atas dugaan perdagangan organ manusia secara ilegal yang melibatkan sebuah klinik di ibukota Kosovo, Pristina.

Polisi Israel belum mengkonfirmasi penangkapan itu, namun surat kabar Israel baru-baru ini memberitakan penangkapan 10 orang anggota jaringan organ-perdagangan internasional. Namun tidak disebutkan, kalau Moshe termasuk dalam ke 10 orang tersebut.

Moshe merupakan bagian dari sebuah komplotan, yang terdiri dari sembilan orang yang didakwa dalam kasus transplantasi organ di Kosovo tahun 2008.

"Moshe dan beberapa tersangka lainnya telah ditangkap di Israel," ujar Jaksa Jonathan Ratel, dari Komisi Hukum Uni Eropa dan keadilan (EULEX).
 
EULEX telah bekerjasama dengan Pemerintah di Israel, dalam upaya penangkapan buronan kasus perdagangan organ Kosovo, atas permintaan Kantor Kejaksaan Khusus Kosovo, kepada Interpol.

Kasus ini juga menyeret seorang pemilik klinik di Kosovo, Lutfi Dervishi.
Editor: Adi Agus Santoso
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas