• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Surya

Pemkab Malang Dorong Satu Desa Punya Satu Keunggulan

Rabu, 23 Mei 2012 14:35 WIB
SURYA Online, MALANG - Pemkab Malang mendorong adanya pengembangan produk asli atau unggulan, dimana satu desa memiliki satu produk unggulan. Namun sejauh ini belum semua desa siap dengan itu. "Ada desa yang siap, ada desa yang belum punya produk unggulan," ujar Bambang Sumantri, Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, Rabu (23/5/2012).

Menurutnya, produk unggulan bisa berupa produk holtikultura, home industry, pertanian, peternakan atau kerajinan. Kata  Bambang, kalaupun satu desa sudah ada produk unggulannya, masih bisa dikembangkan lagi agar mendapatkan nilai lebih.

Ia mencontohkan potensi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari berupa batu. Namun saat ini, warga masih banyak yang hanya memproduksi cobek. "Kalau ada pembinaan, potensi batu itu tidak hanya untuk  cobek, tapi bisa untuk produk sanitary, seperti wastafel batu," ujar Bambang.

Sehingga untuk pengembangan itu, perlu bekerja sama dengan SKPD lain. Terpisah, Deputi Bidang Pengembangan UMKM Kementrian Koperasi dan UMKM, Wayan Dipta menyatakan peningkatan nilai tambah pada produk lokal sangat penting.

Ia mencontohkan bagaimana buah apel bisa dikembangkan menjadi banyak hal sebagai jenang apel, kripik apel, cuka apel, minuman sari apel dll. Tapi untuk meningkatlan nilai lebih itu harus dibarengi dengan kemasan menarik.

Saat ini, produk unggulan Kabupaten Malang seperti apel, kentang dan 11 produk hortikultura lainnya. Di Pujon, bahkan ada yang mengembangkan apel jadi kudapan tradisional carangmas apel. Sehingga menimbulkan sensasi rasa asam manis.
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
240348 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas