• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Surya

Malang Juara Lomba Gugus Sekolah

Rabu, 23 Mei 2012 16:37 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Kota Malang berhasil menjadi juara pertama dalam lomba gugus sekolah tingkat TK se-Jawa Timur. Gugus di Kota Bunga Malang ini menyisihkan finalis dari 38 kota kabupaten. Juara II diraih Kota Probolinggo dan III dibawa pulang Gresik.

Gugus 9 TK di Kota Malang ini menyisihkan 3.234 gugus TK yang ada di seluruh Jatim. Kepala gugus disebut gugus inti dan anggota gugus dinamakan imbas. Satu gugus terdiri atas 7 - 9 sekolah.

"Kami bersyukur bisa jadi yang terbaik di Jatim. Kami bisa juara karena kompak dan sinergis dengan anggota gugus kami," terang Rudi Handoko usai penyerahan tropi dan piala di Dinas Pendidikan Jatim Gentengkali, Rabu (23/5/2012).

Menurut penilaian tim juri, gugus dari Malang itu dinilai sangat sinergis. Satu program yang mereka jalankan demi kemajuan pendidikan di gugusnya dipahami oleh semua anggota gugus. Belum lagi ditunjang oleh sarana prasarana dan kurikulum yang mendukung.

Gugus 9 Malang ini terdiri atas 7 TK. Semua dari latar belakang TK yang beragam. Ada yang berlatar belakang Islam, Kristen, Katolik, dan umum. Namun, mereka paling kompak.

Ketujuh TK tersebut adalah TK Smart Kids, TK Santa Maria 2, TK Wonder Bridge, TK ABA 24, TK Muslimat 16, TK Permata Bunda, dan TK Muslimat NU 27. "Kami tak memdedakan agama," kata Rudi yang sukses membuat inovasi telur asin.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Formal dan Nonformal Dinas Pendidikan Jatim, Nuryanto, telah menyeleksi peserta sejak Maret lalu. "Kita ingin kualitas pendidikan bagus merata di Jatim. Lomba Gugus sekolah salah satu upaya konkrit," kata Nuryanto.

Sejumlah unsur yang masuk penilaian lomba gugus adalah manajemen gugus, kinerja ketua gugus, program, kinerja kasek, kegiatan belajar mengajar, sarana prasarana, partisipasi masyarakat, hingga prestasi siswa.

Sayang, Surabaya tak satu pun gugus nya yang masuk final. Nuryanto menjelaskan bahwa Surabaya cenderung tak kompak. Mereka tidak maju bersama. "TK inti bagus tapi anggota tidak demikian. Mereka tidak nyambung dan jomplang," tambah Nuryanto.
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
240382 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas