• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Surya

Kali Lamong Tercemar Cairan Oli

Sabtu, 19 Mei 2012 13:57 WIB
SURYA Online, GRESIK- Kali Lamong yang melintasi Desa Sukorejo, Prambangan, dan Karangkiring, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tercemar cairan oli. Akibatnya, banyak ikan mati, tanaman mangrove rusak, dan merugikan nelayan karena jaring dan perahunya terkena oli.

Kepala Desa Sukorejo Fatkhurrahman, Sabtu (19/5/2012) menyebutkan, dampak pencemaran itu membunuh habitat ikan dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Warga menemukan tumpahan oli di sepanjang bantaran sungai saat menyusuri sungai pada Jumat lalu. Saat air surut, oli menempel di pohon. "Kami berharap polisi menginvestigasi perusahaan yang beroperasi di sepanjang Kali Lamong. Jika polisi lamban, dikhawatirkan warga bertindak dengan caranya sendiri," katanya.

Salah seorang nelayan Desa Sukorejo, Syafii (51), menyebutkan, ikan yang mati termasuk yang kecil-kecil. Nelayan terancam kehilangan pendapatan. Rata-rata tangkapan nelayan Sukorejo mencapai 2-6 kilogram per hari dengan harga Rp 5.000 per kilogram. Sedikitnya penghasilan yang didapat Rp 20.000 per hari.

Kepala Kepolisian Sektor Kebomas Komisaris Yulianto menyatakan, polisi sulit menemukan bukti dari mana asal sumber limbah itu karena sudah banyak yang hanyut ke laut. "Kami belum menyimpulkan dari mana asal sumber limbah oli itu. Kami telah mengambil sampel air yang tercemar dalam botol untuk diuji di laboratorium. Tanaman mangrove yang tercemar juga diselidiki," katanya.
Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
239894 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas