• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Surya

Dewan Pendidikan Ingatkan Kuota Siswa Gakin

Kamis, 17 Mei 2012 21:09 WIB
SURYA Online, KEDIRI -  Dewan Pendidikan Kota Kediri mengingatkan panitia penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2012/2013 agar  memperhatikan kuota bagi siswa baru dari keluarga miskin (gakin).

“Tahun lalu dari kuota 20 persen siswa gakin ternyata tidak dapat dipenuhi karena persyaratannya terlalu rumit. Selain itu tidak ada koordinasi antar instansi pemerintah,” ungkap Heri Nurdiyanto, anggota Dewan Pendidikan Kota Kediri, Jawa Timur kepada Surya, Kamis (17/5/2012).

Dijelaskan Heri, pada PSB tahun lalu pihaknya banyak menerima pengaduan  dari masyarakat terutama dari keluarga kurang mampu. Masalahnya, mereka tidak dapat mendaftarkan anaknya karena persyaratannya terlalu rumit.

Dicontohkan, pendaftar siswa gakin harus melampirkan kartu Jamkesda atau Jamkesmas dalam berkas pendaftaran. Padahal tidak semua keluarga miskin di Kota Kediri mendapatkan kartu tersebut. “Untuk mengurus kartu yang baru juga tidak mudah karena membutuhkan waktu,” ungkapnya.

Selain itu panitia pendaftaran juga kaku menerapkan ketentuan karena kartu Jamkesda dan Jamkesmas yang sudah habis masa berlakunya tidak dapat dijadikan lampiran berkas pendaftaran siswa gakin. “Kami berharap ketentuan pendaftaran siswa gakin tahun ini lebih dipermudah,” tambahnya.

Dari pantauan Dewan Pendidikan Kota Kediri saat PSB tahun lalu rata-rata setiap sekolah kuota siswa gakin tidak sampai 20 persen. Bahkan ada sejumlah sekolah favorit yang hanya menerima siswa gakin beberapa siswa.

Sementara pendaftaran siswa baru di Kota Kediri bakal menerapkan sistem online seperti dilakukan tahun lalu.
Meski pendaftaran berlangsung lancar, sistem online sempat lemot bahkan ngadat karena banyak masyarakat yang mengakses.

Pendaftaran online dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Walikota (Perwali) Kediri tentang pedoman penerimaan peserta didik TK/SD/SMP dan SMA/SMK. Sedangkan penerimaan siswa baru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) memakai seleksi ujian tulis.

Pada seleksi online, calon siswa bisa bebas memilih tujuan sekolah dengan menggunakan Nilai Ujian Nasional (NUN) murni. Sejauh ini masih belum diperoleh kepastian apakah PSB tahun ini bakal dikenakan biaya pendaftaran.
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
239709 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas