Sabtu, 20 Desember 2014
Surya

Enam Tips Bagi Instruktur Gym

Selasa, 8 Mei 2012 19:44 WIB

Enam Tips Bagi Instruktur Gym
surya/sri handi lestari
Manager Personal Trainer (PT) Atlas Sport Club Surabaya, Taufik Widyabakti ketika memberi materi pelatihan di Surabaya, Selasa (8/5/2012).
SURYA Online, SURABAYA – Gaya hidup olahraga di klub kebugaran, gym atau fitnes center sudah menjadi hal yang biasa di kota-kota besar. Hal ini membuat industri ini semakin menjamur dan tentunya memberi dampak pada profesionalisme  orang-orang yang bekerja di fitnes center, terutama Personal Trainer.

Personal Trainer atau biasa disebut PT adalah orang yang membantu anggota klub kebugaran, gym, atau fitnes center secara one on one dan bersifat part time dan mendapatkan gaji dari member yang dilatih dengan sistem bagi hasil dengan manajemen tempat dia melatih.

”Karena itu banyak hal khusus yang sebaiknya dimiliki dan diterapkan oleh PT dalam menghadapi klien,” jelas Taufik Widyabakti, Manager PT Atlas Sport Club Surabaya saat menjadi pemberi materi dalam acara Pocari Sweat Personal Trainers Day, Selasa (8/5/2012).

Dihadapan para peserta berjumlah 75 orang PT dari berbagai fitnes center yang ada di Surabaya itu, Taufik membagi lima tips wajib yang harus dilakukan oleh PT dalam mendampingi klien saat berlatih.

Yaitu pertama, mengaplikasikan lima fase latihan. Meliputi warm up (pemanasan), latihan aerobik, flexibility, latihan strenght, dan cool down). Kedua, rutin melakukan pengukuran pada klien. Ketiga, pastikan ada training log. Keempat, lakukan evaluasi periodik pada program latihan. Lima beri perhatian penuh pada klien, dan keenam, selalu up to date fitness level dan pengetahuan di bidang fitnes industri serta kepelatihan.

“Ini merupakan modal yang harus dimiliki PT sebagai senjata ampuh untuk mendapatkan keberhasilan latihan dan mendapatkan apresiasi yang baik dari klien,” tandas Taufik, yang pernah menjadi finalis pemilihan pria L-Men Surabaya tahun 2005.

Sebagai penyelenggara, Gadis Intan Lestari, Promotion Executive PT Amerta Indah Otsuka, mengatakan,”selama ini, perhatian yang ada pada fitnes center, klub kebugaran, dan gym, rata-rata lebih banyak pada member atau anggotanya. Sementara untuk PT-nya, yang juga memiliki peran penting di tempat-tempat ini, belum banyak yang memperhatikan.”

Padahal, lanjut Gadis, PT memiliki peran penting dalam keberhasilan anggota untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Karena itu, dalam trainer day, para PT diberi materi informasi dan tempat untuk saling berbagi atas profesi serta pengalaman yang mereka lakukan.

PT yang hadir dalam acara tersebut, antara lain dari Atlas Sport Center Surabaya sendiri, Celebrity Fitness, Gold’s Gym, dan Tropodo Fitnes Center..
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Rudy Hartono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas