Jumat, 19 Desember 2014
Surya
Home »

Kerupuk Jengkol Pekanbaru Disukasi Australia

Jumat, 20 April 2012 11:13 WIB

SURYA Online, PEKANBARU -Kerupuk jengkol yang dijual pedagang di Pasar Bawah serta Pasar Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, disukai para turis mancanegara yang berasal dari Australia dan Korea Selatan.

"Beberapa waktu lalu, kerupuk jengkol saya  dibeli orang Australia untuk oleh-oleh dibawa ke negaranya," kata  seorang pedagang Nyonya Upik(35) ketika ditemui di Pasar Bawah, Pekanbaru, Jumat (20/4/2012)

Upik mengatakan, bahwa kerupuk jengkol yang dijual itu masih mentah dengan harga Rp65.000 per kg dan untuk disantap tentu harus digoreng terlebih dahulu.  Menurut dia, turis tersebut membeli hingga 3,5 kg dan kemudian dibungkus secara khusus dengan mengunakan kardus agar mudah membawa ke negara asalnya.

Pedagang kerupuk lainnya di Pasar Rumbai, Ny. Wati (37) mengatakan pernah juga turis warga negara Korea Selatan yang membeli dagangannya dengan berat mencapai 11 kg.  Wati mengatakan, bahwa dirinya merasa kaget setelah ada turis yang membeli kerupuk jengkol dalam kondisi masih mentah.  Kerupuk jengkol asal Pekanbaru bagi warga setempat menyebutnya "karupuak jariang" yang sudah digoreng memiliki rasa khas dan sangat berbeda dengan kerupuk sejenis di Jakarta.
Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas