A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Cara Meningkatkan Sinyal - Surya
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 27 Agustus 2014
Surya
Home » Iptek

Cara Meningkatkan Sinyal

Sabtu, 12 Februari 2011 20:58 WIB
Di Indonesia, hampir semua operator telepon seluler menyediakan layanan internet. Ada trik meningkatkan sinyal 2G atau 3G sehingga akses internet lebih stabil. Seringkali sinyal HSDPA dari operator naik turun dan bahkan sering hilang. Mungkin karena jauh dari BTS atau memang sinyal yang kurang kuat sehingga internet sering lambat atau sering putus. Beruntung saat ini masalah hal itu tidak sering terjadi lagi karena sinyal HSDPA hampir selalu full bar walau berada di ruangan tertutup tembok atau di ruangan yang biasanya tidak mendapat sinyal. Solusinya cukup dengan menempatkan modem setinggi-tingginya. Misalnya ditempatkan di atap lantai dua. Satu masalah selesai, namun timbul masalah lain. Bagaimana cara memperpanjang kabel USB modem?
  1. Siapkan kabel USB standar (kabel USB ke modem) berkualitas baik.
  2. Siapkan kabel UTP (unshielded twisted pair adalah kabel standar untuk koneksi jaringan komputer LAN), cat 5 atau cat 6 lebih baik. Panjang sesuai kebutuhan.
  3. Peralatan untuk penyambungan berupa solder, timah, isolasi, gunting/tang pemotong.
  4. Potong (bagi dua) kabel USB modem, kemudian kupas masing-masing ujungnya. Kabel USB memiliki 4 kabel ditambah 1 ground (kabel ground tidak digunakan karena keterbatasan jumlah isi kabel UTP).
  5. Siapkan kabel UTP, kupas kedua ujungnya. Kabel UTP memiliki isi 8 kabel. Karena kabel USB berisi 4 kabel, maka yang diperlukan hanya 4 isi kabel UTP. Akan tetapi, supaya dapat menambah daya antar (mengurangi resistansi) setiap dua kabel disatukan, jadi seolah-olah kabel UTP ini berisi 4 kabel.
  6. Sambungkan kabel USB dengan kabel UTP. Perhatikan warna kabel agar jangan tertukar. Solderlah setiap sambungan kemudian beri isolasi. Memilih dan menentukan warna kabel UTP bebas, yang penting warna kabel USB di ujung yang satu harus bertemu kembali dengan warna yang sama di ujung yang lain. Kabel USB merah harus bertemu kembali dengan kabel merah. Hitam harus bertemu hitam dan seterusnya, tidak boleh tertukar. Kalau tidak, modem atau port USB malah rusak.
  7. Agar sambungan antarkabel kuat dan koneksi bagus, solderlah dengan baik kemudian beri isolasi untuk mencegah konsleting.
  8. Periksalah sekali lagi. Jika yakin sambungan benar, baru bisa dicoba, kalau belum yakin jangan dicoba-coba. Kalau sambungan tidak benar dapat menyebabkan komputer (port USB) atau modemnya rusak.
  9. Jika sudah benar-benar yakin, nyalakan komputer dan sambungkan modemnya. Kalau modem sudah terdeteksi oleh komputer berarti tinggal menempatkan modem di area yang paling bagus untuk menerima sinyal. Bila belum terdeteksi atau USB malfunction, berarti kabelnya harus dibuat lebih pendek.
  10. Setelah modem terbukti berfungsi, tempatkan modem di daerah yang mendapatkan sinyal paling kuat.
Hati-hati terhadap petir. Jika cuaca mendung dan tidak yakin dengan penangkal petir gedung/rumah, lebih baik diturunkan. Tempatkan di area yang tidak mendapat sinar matahari langsung. Hati-hati juga terhadap hujan. Kalau kena air hujan ya berakhirlah. Sekadar informasi, modem yang digunakan Huawei E270. Sebelumnya ketika menggunakan modem Huawei EC325 (CDMA) panjang kabel mencapai 13 meter. Ketika digunakan untuk Huawey E270, modem tidak terdeteksi. Kemudian panjang kabel dikurangi hingga pada kisaran 10 meter, barulah modem berfungsi dengan baik.
Penulis: suradmin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
149461 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas